Individu Keluarga dan Masyarakat

on Friday, December 17, 2010

Individu Keluarga dan Masyarakat

Semua dari kita tahu bahwa manusia adalah mahluk sosial yang hidup bergantung kepada orang lain dan tidak dapat hidup sendiri. Sifat dasar tersebutlah yang menyebabkan kita tidak dapat hidup sendiri tampa adanya bantuan orang lain.
Setiap individu lahir dari keluarga yang berbeda beda baik itu keluarga secara biologis maupun keluarga secara abtrak yang dapat pula sebagai teman sahabat dan sebagainya yang sudah di anggap sebagai keluarga dekat oleh orang tersebut.
Keluarga itulah yang mempengaruhi sifat sifat manusia di dalam masyarakat. Manusia akan besosialisai dengan apa yang telah ia dapat dari keluarga ataupun dari sekeliling lingkungannya yang telah ia anggap sebagai keluarga.

Ada beberapa tipe tipe dalam sosialisasi:
1.Sosialisasi Primer
                Sosialisasi primer adalah sosialisasi yang didapatkan sebuah individu dari sejak mereka lahir hingga berumur 5 tahun. Sosialisasi ini sangat berpengaruh terhadap perkembangan anak untuk dewasannya kelak. Jika dalam sosialisasi primer ini sang anak telah di ajari oleh ibunya dengan sesuatu yang tidak baik maka dengan pasti kedepanya tersebut sikap anak ini tidak dapat dipertanggungjawabkan dengan baik. Oleh karena sosialisasi awanya telah tidak baik.
2. Sosialisasi Sekunder
                Sosialisasi ini berlangsung antara umur lima tahun sampir seumur hidupnya. sosialisasi sekunder adalah terusan dari adanya sosialisasi sekunder. Pembentukan manusia dari sifat sifat dasar nya idak akan efektif lagi jikalau sudah memasuki tahapan sosialisasi ini dikarnakan perkembanganya telah lebih dahulu oleh adanya sosialisasi primer.
Sosialisasi pun terbagi manjadi dua yaitu :
1.       Sosialisasi sempurna.
Sosialisasi sempurna adalah bentuk dimana sosialisasi yang telah di tanamkan ke dalam sebuah individu berjalan dengan lancar. Sosialisasi ini lebih mengarah kepada hal hal positive
2.       Sosialisasi Tidak Sempurna
Adalah bentuk berlawanan dari sosialisasi sempurna yang lebih mengarah kepada hal hal yang negatiif. Jikalau seorang anak menjadi penjahat dan bertindak kriminal maka tidak dapat dipungkiri ini adalah bentuk dari sosialisasi tidah sempurna.
Adapun fungsi-fungsi keluarga yaitu
  1. Funsgi Biologis
  2. Fungsi Pemeliharaan
  3. Fungsi Ekonomi
  4. Fungsi Keagamaan
  5. Fungsi Sosial
Fungsi fungsi ini tidak dapat saya jelaskan satu persatu karena akan menjadi panjang sekali pembahasan kita.

Pertumbuhan individu pastinya melalui proses perkembangan dan pertumbuhan lahir maupun batin, pertumbuhan ini tujuannya kearah yang lebih maju, lebih dewasa. akan tetapi pertumbuhan itu tergantung dari beberapa faktor
1.      Faktor keturunan dari individu itu sendiri yang dibawanya sejak lahir
2.      Faktor lingkungan, dimana tempat seorang individu banyak melakukan interaksi dengan individu lain
3.      Faktor pembawan lahir dan juga faktor lingkungan, keduanya merupakan yang paling berperan

Jadi dapat disimpulkan bahwa perkembangan individu di dalam masyarakat sangat berpengaruh sekali oleh faktor keluarga dan lingkungannya. Keluarga yang baik akan menciptakan individu menjadi baik dan juga berguna. Jadi kita sebagai kaum intelek yang telah mengerti mengenai hal ini hendaknya bersikap manis dan baik ketika mempunyai keluarga kelak. Terimakasih.

Keep Posive Guys
Cheers

1KA01
12110261
Universitas Gunadarma 2010

0 comments:

Post a Comment