Iptek dan Kemiskinan (tulisan egan)

on Thursday, December 16, 2010

Iptek dan kemiskinan




Ilmu pengetahuan
Ilmu pengetahuan adalah hal yang sangat dekat sekali dengan manusia di era modern ini. Di saat saat umat manusia memasuki dunia teknologi yang berlangsung secara global di seluruh dunia, penguasaan ilmu pengetahuan adalah hal yang penting dan manjadi sebuah keharusan bagi kemajuan sebuah negara.
Tidak dapat dipungkiri iptek sendiri adalah salah satu faktor penujang dalam kemajuan teknologi diamana sebuah negara akan maju dalam bidang tekologi jika ilmu pengetahuan sebuah negara tersebut maju. Betul?

Kemiskinan.
            Kemiskinan adalah hal yang sangat sering di bahas dalm kampanye kampanye politik, apakah anda sependapat dengan saya? Mungkin semuanya akan sependapat. Setiap kali akan kampanye tokoh tokoh politik negri ini pasti akan selalu membahas tentang kemiskinan di Indonesia. Memang angka kemiskinan di negara kita ini sangat memperihatikan.
Jikalau di tanyakan bahwa indonesia adalah negara miskin apa jawaban kita? Mungkin iya atau segelintir dari kita akan berkata tidak juga. Indonesia digolongkan menjadi negara kaya dalam faktor Sumber Daya Alam nya. Ikan di laut, kekayaan tanah pertanian kita yang sangat subur, keanekaragaman satwa yang kita miliki, bahkan sampai di dalam perut bumi pun kita memliki kekayaan yang tidak dapat di tutup tutupi yaitu minya timah dan tembaga, satu lagi ternyata di irian jaya sana terdapat uranium yang jauh lebih berhaga daripada emas. Its true guys.

Pengaruh iptek dengan Kemiskinan.

Lalu  sekarang ini apa sih hubungan nya iptek dengan kemiskinan? Itupun yang terbesit di dalam pikiran saya ketika menulis materi ini.
                Indonesia tentu adalah sebuah negara kaya bahkan termasuk negara dengan keanekaragaman flora dan fauna nya di dunia, dengan kata lain Indonesia memiliki sumber daya alam yang menunjang. Lalu yang menjadi pertanyaan saya apakah Indonesia memiliki Sumber Daya Manusia yang menunjang? Jawabannya tidak.
                Sumber daya alam yang menunjang tidak cukup bila tidak dibarengi oleh sumber daya manusia yang maju. Contoh kecil nya deh : kalau indonesia punya minyak mentah tetapi tidak mampu mengelolanya menjadi bahan bakar buat apa kan. Indonesia yang mengambil minyak mentah di dalam perut bumi lalu di ekspor ke luar negri untuk diolah menjadi bahan bakar dan di jual kembali ke indonesia  alangkah mirisnya kan negri ini.
                Jikalau bangsa kita mampumengelola minyak mentah menjadi bahan bakar yang siap digunakan alangkah efisiennya bukan? Hal ini tidak lain berkaitan dengan yang namanya ilmu pengetahuan.
                Kenapa negara jepang bisa menjadi negara maju dan negara yang memiliki pendapatan per kapita cukup tinggi di dunia? Salah satunya adalah ilmu pengetahuan yang maju. Kalau kita nbandingkan jepang adalah negara kecil dengan sumber daya alam yang terbatas. Tetapi mengapa negaranini bisa sangat maju? Jawabanya sederhana yaitu ilmu pengetahuan yang berkambang di negara jepang,
                Kenapa sih banyak orang di negara ini yang miskin? apa sih yang membuat mereka miskin? Bisa ga sih mereka keluar dari garis kemiskinana? Pertanyaan pertanyaan sederhana yang terbesit di dalam pikiran saya ketika menulis tentang materi ini.
                Sebagian besar orang miskin di negara ini adalah orang orang yang tidak memiliki pendidikan yang cukup, mereka miskin oleh karena kebodohan. Wow frontal sekali yah kata kata saya ini? Tapi memang demikian adanya. Pendidikan yang cukup akan membuat setiap kita mampu untuk berusaha dan berfikiran maju, tidak seperti orang orang yang ada saat ini,  karena pendidikan nya yang tidak cukup maka mereka pun tidak bisa memasuki dunia kerja yang formal yang meraka lakukan hanyalah menunggu dan menantikan uluran tangan dari orang orang yang kasian kapadanya dengan kata lain adalah pengemis. Mental negara ini adlah seperti itu adanya.
                Jadi bagaimanakah caranya untuk menangulangi masalah kemiskinan ini? Yaitu dengan cara memajukan pendidikan dan ilmu pengetahuan di indonesia baik formal maupun pendidikan non formal. Dengan demikian negara ini akan menjadi bangsa yang kreati maju dan bermartabat dimata dunia. Pendidikan bukan lah menjadi tanggung jawab pemerintah semata melainkan menjadi tanggung jawab kita besama. Sekian dari saya semoga dapat bermanfaat dan daopat menjadi motivasi bagi kita sekalian untuk memajukan bangsa ini. Thans guys! Keep positive! J


Created by :

Egan Kurniawan
12110261
1KA01

Gunadarma 2010



0 comments:

Post a Comment