Penduduk Masyarakat dan Kebudayaan

on Thursday, December 16, 2010

Penduduk Masyarakat dan Kebudayaan

                Tiga kata ini adalah kata kata yang sering kita dengar jika belajar sosiologi. Ya betul! Tetapi kata kata ini pula memiliki kaitan yang erat satu sama lainnya.
Penduduk? Coba kita fikirkan apa sih yang dimaksud dengan penduduk?  Penduduk adalah sekumpulah orang yang menempati wilayah tertentu. Simple memang. Contoh gampangnya saya ini tinggal di wilayah Negara Republik Indonesia berarti saya adalah penduduk Indonesia. Kalo saya tinggal di wilayah amerika berarti saya adalah penduduk amerika.
                Kepadatan penduduk. Indonesia adalah salah satu negara terpadat penduduknya setelah india dan china. Kepadatan penduduk dihitung dari jumlah penduduk dibagi dengan luas area. Pulau jawa sendiri yang hanya memiliki 5% luas bagian dari indonesia ditempati oleh 70% penduduk indonesia jadi bisa kita bayangkan betapa padatnya di pulau ini.

                Piramida penduduk. Adalah grafik yang membandingkan jumlah penduduk menurut usia. Ada 3 jenis pramida penduduk. Dengan piramida penduduk ini dapatc berguna dalam menentukan pertumbuhan sebuah negara.

Masyarakat? Kalo kata om wikipedia itu masyarakat adalah sekelompok orang yang membentuk sebuah sistem semi tertutup simana sebagian besar interaksi adalah antara individu individu yang berada dalam kelompok tersebut. Kata masyarakat sendiri berasal dari bahaya arab yaitu Musyarak yang berarti adalah suatu hubungan hubungan yang saling berkaitan dan kalo di bahasa inggriskan masyarakat berarti Society
Budaya? Be-ubu-d-ada-y-aya budaya yang kalo dari bahasa aslinya berasal dari bahsa sangsekerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia. Kalo dalam bahasa inggris sih di artikan sebagai culture yang berarti mengolah atau mengerjakan.
                Oke kita mulai masuk dalam pembahasan dari tiga kata ini. Bukan kita sih tapi gue. Haha. Penduduk masyarakat dan kebudayaan adalah ketiga aspek yang saling mempengaruhi. Kita ambil sebuah contoh yang paling gampang. Penduduk asli jakarta adalah masyarakat betawi yang dimana juga mereka memegang sebuah adat istiadat dan budaya betawi. Contohnya seperti ondel ondel, roti buaya di dalam pernikahan dll. Tidak mungkin penduduk betawi menjungjung budaya dari suku lainnya.
                Mengapa tiga hal ini saling berkaitan? Simple sekali jawabanya kalo kita tinggal di dalam sebuah masyarakat betawi pasti secara langsung maupun tidak kita akan menerima ataupun mengikuti adat istiadat betawi pula berbahasa betawi atau pun mengikuti kebiasaan kebiasaan orang orang betawi.
                Kebudayaan sendiri sangat berpengaruh sekali kebada kepribadian kita, kalau orang tua kita memiliki kebudayaan yang keras seperti orang batak maka niscaya kita pun akan berwatak keras pula seperti mereka. Jika demikian erat sekali bukan kaitannya antara kebudayaannya dan pegaruhnya terhadap kepribadian.
Keep positive guys.
Cheers.

12110261
1KA01
Universitas Gunadarma 2010

0 comments:

Post a Comment