Green Lifestyle

on Sunday, January 23, 2011
GO GREEN!!


Kata Kata di atas ini mungkin sering banget kita denger kan? pastinya! apalagi di saat saat dunia ini yang mengalami ancaman serius tentang global warming. yaa apakah kita peduli dengan dunia ini yang mengalami ancaman serius dari perubahan iklim mendasar yang sering di kenal dengan grobal warming.

Gw akhir akhir ini sering banget loh ngerasain yang namanya cuaca ga jelas? Apa sih cuaca ga jelas itu? hahaha. kata kata versi gw yang buat ngejelasin kalo iklim ataupun cuaca di akhir akhir ini yang sering berubah rubah. kadang kadang ujan gede di pagi hari tapi bisa tiba tiba berubah jadi panas banget pas siang siang nya.

Oleh karena itu kita sekalian yang tinggal di suatu tempat yang sama dan satu di sebut dengan bumi harus mulai peduli dengan lingkungan kita berada. kali gw mau ngasih beberapa tips tips kecil versi gw yang mungkin bisa sedikit membantu dalam menangani permasalahan iklim global ini.

1. Matiin mesin motor pas lampu merah.

 Mungkin kedengerannya sedikit agak konyol yah. tapi dengal melakukan sedikit hal kecil ini kita beneran bisa ngurangi polusi udara loh. serius. coba kita pikirin deh ada berapa jumlah kendaraan bermotor yang kena lampu merah, coba kalo mereka matiin mesin motor nya ada berapa juta volume karbon dioksida yang tidak kita buang ke bumi. apalagi buat yang tinggal di kota kota besar seperti jakarta yang tempo lampu merahnya cukup panjang. ga ada salahnya ko kalo kita matiin mesin motor pas saat lampu merah dan ini udah gw terapin dari beberapa bulan yang lalu semoga dengan dimulai dari gw akan banyak yang akan mengikutinya.

2.Using less plastic bag


Bahasa gampangnya sih minimalisir penggunaan kantong plastik. coba deh kalo kita pergi belanja ke mini market seperti indomaret dsb cuma buat beli air mineral doang tapi dapet kantong plastik. kadang kadang pas keluar dari situ kita minum air nya lalu kita buang kantong plastiknya. akankah sanggat mencemari bumi kantong kantong plastik yang kita dapetin itu. ga salah ko kalo kita pegang sementara barang belanjaan kita yang masi bisa kepegang sama tangan. Dan gw juga mulai ngelakuin hal ini. semoga kalian semua bisa ikutan yah.

3.Bersepedah


Diramalkan bersepedah bakalan jadi olah raga yang tren di tahun 2012. di kota kota besar sekaramg uda banyak malah yang bikin hari khusus buat kita bersepeda. memang sepeda itu cukup menyehatkan dan juga bebas polusi. kalo kita punya sepeda terus mau berpergian jarak deket ga salah ko kalo kita pake sepeda. dan gw juga akan melakukan hal ini berhubung gw belum punya sepedah. hehhe


4.Using public transportation
emang sih transportasi umum di indonesia belum memadai tapi kan ga semuanya kayak gitu. masih ada beberapa alat transportasi yang nyaman seperti kereta api dan busway. selain mengurangi polusi juga lebih hemat lagi di bandingkan dengan menggunakan kendaraan pribadi. gw dan keluarga pun sudah mulai mencobanya. :)





5.Matiin lampu di siang hari

Sadar atau ga sadar kadang kadang kita sering ninggalin lampu kamar dalam keadaan menyala di siang hari padahal itu lagi posisi terang terang nya. selalu cek kembali lampu lampu yang ada di rumah kita sebelum kita berpergian, dan kalo emang ga ada orang di rumah ya matiin dong lampunya dari pada buang buang energi. betul? gw sih uda ngelakuin ini dari dulu. ohh iya ketinggalan pake lampu hemat energi juga dong biar hemat. hehe

6.Print bolak balik

Kadang kadang kita suka kan print print sesuatu yang ga terlalu penting. kalo ga penting penting banget sih ya mendingan pake kertas bekas yang ga kepake. lumayan tuh hemat kertas dan cukup mencegah global warming. semakin sedikit kertas yang kita gunakan semakin sedikit pula pohon yang di tebang. gw uda ngelakuin ini ko teman.



sekian dulu tips tips sederhana dari gw semoga bermanfaat yah. mari kita bergaya hidup sehat dan ikut turut serta mencegah pemanasan global. Inget kita cuma punya satu bumi yang di tinggali sama 6miliyar orang, kalo ga dimulai dari kita siapa lagi? keep positive guys. :)


0 comments:

Post a Comment