PEMUDA dan SOSIALISASI

on Thursday, November 25, 2010
PEMUDA dan SOSIALISASI
Hay para pembaca blog, nulis blog lagi nih gw. Hmm, sekarang gw akan membahas tentang Pemuda dan Sosialisasi. Apa sihh? Hahhaa awalnya juga gw mikir gitu apa sih temanya ga enak banget, tapi tenyata tema yang di kasi sama bapak Agung Wahyudi salah satu dosen Ilmu Sosial Dasar Universitas Gunadarma ini cukup berbobot ko.
Oke kita mulai pembahasaanya, masih inget ga pas bapak presiden pertama kita Ir.Soekarno pas pidatonya dia bilang gini “Beri aku sepuluh pemuda, maka akan kugoncangkan dunia”  kira kira gitu lah kata kata beliau. Keren banget kan sepuluh anak muda aja bisa mengoncangkan negri ini. Coba kita cek kenapa bapak soekarno bilang demikian, menurut pendapat gw sih karena beliau melihat kalo anak muda itu berpotensi, berpotensi dalam hal apa pak? Dalam banyak bidang pastinya tergantung dari masing masing individu.
Yang kedua anak muda itu bersemangat dan mempuyai mimpi. Pasti temen temen semua setuju deh sama pendapat gw yang satu ini, siapa sih yang ga punya impian pas masa muda nya. Gw aja sekarang punya mimpi nuat jadi orang terkenal, dalam bidang apapun itu, mau musik, film, ataupun dalam dunia politik. Karena semangat inilah maka kita itu berbeda di bandingkan dengan orang tua yang udah lanjut usianya, paling paling yang di pikirin Cuma makan, biaya hidup keluarga beres deh.
Sekarang gw mau ngasih contoh anak muda yang udah sukses BANGET di usia mudanya, ada yang kenal sama Larry Page dan Sergey Brin? Pasti sebagian besar atau bahkan semua dari temen temen ga tau siapa dia ini. Coba kalo gw tanya Google? Pasti semua pada tau kan. Google didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin ketika mereka masih mahasiswa di Universitas Stanford dan perusahaan ini merupakan perusahaan saham pribadi pada 7 September 1998. Melalui berbagai jenis pengembangan produk baru, pengambil alihan dan mitra, perusahaan ini telah memperluas bisnis pencarian dan iklan awalnya hingga ke area lainnya, termasuk email berbasis web, pemetaan online, produktivitas perusahaan, dan bertukar video. Mereka menciptakaan google pada saat berumur 25 tahun. Sangat muda sekali bukan? Saat ini umur keduanya adalah 35-36 tahun. Muda sekali kan. Begitulah menurut saya. Haha.
Begitulah sedikit pembahasan gw mengenai anak muda, yang mungikn sedikit meleset dari tema. Sekarang apa sih yang di maksud dengan sosialisasi? Sosialisasi adalah sebuah proses penanaman atau transfer kebiasaan atau nilai dan aturan dari satu generasi ke generasi lainnya dalam sebuah kelompok atau masyarakat . Sejumlah sosiolog menyebut sosialisasi sebagai teori mengenai peranan (role theory). Karena dalam proses sosialisasi diajarkan peran-peran yang harus dijalankan oleh individu. Ribet yah? Gambang nya gini deh sosialisasi itu dimana kita sebagai individu menerima nilai nilai atau kebiasaan di dalam masyarakat tempat kita tinggal, contoh gampangnya yaitu kalo kita tinggal di lingkungan yang orang orangnya menggunakan bahasa sunda maka lama lama kita akan terpengaruh juga menggunakan bahasa tersebut. Simple aja kan? Hehe
Terus apa dong hubungannya antara pemuda dan sosialisasi? Akan gw jawab menurut versi gw yaah. :p
                Pada masa muda adalah masa pencariaan jati diri. Proses ini sanggat rentan sekali dimasuki oleh hal hal yang bertentangan dengan nilai dan norma dalam masyarakat. Sering kita temui banya anak anak muda yang berlaku di luar etika seperti sex bebas narkotika dan lain lain. Mengapa mereka berlaku demikian? Jawabannya mudah saja. Yaitu karena sosialisasi yang tidak sempurna.
                Mungkin ketika masih kecil mereka tinggal di lingkungan yang demikian atau pun bisa terpengaruh dari teman temannya. Ironis sekali yah pemuda yang menjadi penerus bangsa malah berlaku demikian, akan jadi apakah negri ini. Akan kah manjadi lebih maju? Jawabannya tidak.
                Dilihat dari usia maka proses sosialisasi pemuda dimulai dari umur 10 tahun. Peran dari orang tualah yang penting dalam mangawasi sosialisasi anak anak mereka. Sosialisasi ini pending karena dapat menentukan masa depan prilaku etika yang sesuai dalam nilai dan norma masyarakat.
                Gw rasa cukup demikian semoga kita semua sadar salam bersikap dan begaul agar dapat menentukan sikap dan nilai yang kita pegang sesuai dengan apa yang berlaku dalam masyarakat. Keep positive guys. :)
Created by
Egan Kurniawan
12110261

0 comments:

Post a Comment