Kemacetan Jakarta

on Tuesday, November 23, 2010

Kemacetan Jakarta
Yah kali ini gw akan coba untuk membahas tentang kemacetan jakarta, mungkin hampir setiap kita pernah merasakan kemacetan di ibukota ini, apalagi bagi yang bertempat tinggal atau bekarja di kota jakarta. Macet adalah hal yang biasa di kota ini, setiap orang mungkin pernah merasa terjebak  kemacetan dalam waktu yang singkat ataupun panjang, tapi berapapun waktunya lama atau sebentar, macet adalah hal yang sangat membosankan! Yah, anda pastinya akan sependapat dengan saya.
Banyak hal yang telah pemerintah lakukan dalam menanggulang kemacetan mulai dari memberlakukan peraturan three in one, panggunaan jalan pada jam-jam tertentu, pengalihan arus dari sana sini, banyak lagi deh. Upaya tersebut memang membuahkan hasil tapi bukan hasil yang signifikan melainkan kemacetan yang terus terjadi di banyak titik kota jakarta.

Menurut pendapat pribadi saya ada beberapa hal yang menjadi salah satu faktor kemacetan, beberapa di antaranya ialah :

1.       Volume kendaraan yang melewati batas normal.
Mungkin teman teman sekalian berkata bahwa indonesia adalah negara miskin tapi itu salah. Buktinya adalah hampir seluruh warga indonesia memiliki kendaraan nya masing masing. Jika kita bandingkan dengan negara negara lain, bila warga negaranya adalah orang orang menengah pasti akan menggunakan angkutan umum massal seperti kereta atau bus atau semacamnya, lain halnya di indonesia, hampir setiap orang baik kaya maupun miskin memiliki kendaraan sendiri di rumahnya. Namun bukan berarti tidak ada yang menggunakan angkutan umum seperti bus kereta ataupun angkot, banyak juga sih. Terlalu banyaknya orang yang menggunakan kendaraan inilah yang manjadi salah satu faktor penyebab kemacetan. Mungikn pada tahun-tahun kedepan perlu adanya peraturan baru dalam mengurangi pembelian kendaraan pribadi.
2.       Perkembanggan luas jalan
Jalan jalan yang ada di indonesia saat ini sangat kurang sekali dalam memenuhi batas ideal untuk jalan jalan kota metropolitan, jika pertumbuhan volume kendaraan yang tidak seimbang dengan perkembangan luas jalan jalan raya maka tidak dapat di pungkiri bahwa kemacetanlah yang akan terjadi. Yeah that’s right!
3.       Kurangnya kedisiplan berlalu lintas
Menurut pendapat  saya masyarakat indonesia sangat kurang kedisplinannya dalam hal berkendara baik pengendara mobil  maupun motor. Banyak hal yang dapat di lihat dari kurangnya kesadaran dalam berkendara ini. Salah satunya mungkin kita pernah melakukannya yah saya akan coba untuk memberikan beberapa contoh  :  pernahkan teman-teman melanggar lampu merah? Beberapa pasti pernah. Saya pun baru tadi melanggar. Hahaha. Pernahkah teman teman melawan arah dalam menggunakan sepeda motor? Beberapa pasti akan menjawanb iya pernah. Dan pernahkah anda berhenti di tempat yang tidak seharusnya? Ya saya yakin pernah. Hal hal kecil tersebut saja akan sangat berpengaruh bagi kelanjaran lalu lintas. Coba kita bayangkan jika sebagian besar orang yang berkendara melakukan pelanggaran-pelanggaran seperti di atas, akan jadi separah apakah kemacetan di kota ini.
4.       Kurangnya transportasi umum yang memadai
Mungkin inilah yang menjadi salah satu penyebab warga indonesia sangat malas dalam menggunakan alat transportasi umum, ya sepele saja jawabanya yaitu karena alat transportasi umum yang tersedia tidak memadai. Saya adalah salah satu dari banyak orang yang kecewa akan tranportasi umum di indonesia. Saya adalah pengguna kereta listrik , banyak sekali hal hal yang harus dibenahi dalam transportasi ini. Mulai dari tingkat kecelakaan yang cukup tinggi, masalah keterlambatan yang cukup sering terjadi dan hal yang paling sangat mencolok adalah masalah kenyamanan. Mungkin jika kita semua sadar dan menggunakan alat transpotasi umum secara beramai ramai niscaya kemacetan jakarta akan berkurang. Ya betul.

Kota jakarta adalah ibukota dari negara indonesia, yang seharusnya kota ini menjadi cerminan dari perkembangan dan kemajuan negara indonesia. Tapi bagaimana kata ini bisa jadi cerminan dari kota teladan kalau di setiap jalan jalan utamanya saja terjadi kemacetan yang luas. Sungguh di sayangkan.
Sekarang adalah bagaimana kita semua sebagai warga negara yang baik ikut turut serta secara aktif maupun pasif dalam membarantas kemacetan ini. Salah satu hal kecil yang cukup berpengaruh adalah dengan lebih mengutamakan menggunakan alat transportasi umum daripada menggunakan kendaraan pribadi. Hal yang mudah bukan, tapi sangat berpengaruh dalam menanggulangi kemacetan ibukota kita JAKARTA. Hal yang kecil dapat berpangaruh bila kita melakukannya bersama sama. Cheers!


Created by:

Egan Kurniawan
12110261

0 comments:

Post a Comment